SKP DAN LAPORAN KINERJA BULANAN DALAM SATU APLIKASI : @NIK ASN


Setiap awal tahun maka setiap Aparatur Sipil Negara atau ASN pasti disibukan dalam kegiatan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang nanti menjadi program kerja di tahun berjalan.   Dimana SKP dibuat dan ditetapkan sebagai program kerja yang wajib dilaksanakan oleh seorang ASN setelah adanya kesepakatan antara ASN dan atasannya (SKP disahkan = ditandatangani).

Selanjutnya dalam tahun berjalan tersebut, setiap ASN diwajibkan merealisasikan program kerja yang yang dituangkan di dalam SKPnya dan melaporkannya kepada atasan langsung secara periodik di setiap bulannya. Bagi ASN yang berada di instansi/lembaga negara yang sudah mendapatkan Tunjangan Kinerja atau Remunerasi, maka Laporan Bulanan merupakan salah satu syarat wajib yang harus diserahkan untuk mendapatkan tunjangan Kinerjanya.

Laporan Kinerja Bulanan sangat penting dan wajib dibuat oleh setiap ASN karena laporan ini lah yang menjadi bukti terhadap capaian kinerja seorang ASN setiap bulannya. Rekapitulasi Laporan bulanan seorang ASN di akhir tahun menjadi bahan evaluasi terhadap capaian program kerja yang tertuang dalam SKPnya. Hasil akhir inilah yang menjadi salah satu indikator Penilaian Kinerja Pegawai setiap tahunnya atau apa yang menjadi dasar Penilaian Sasaran Kerja dan atau Penilaian Prestasi Kerja seorang ASN.

Selama ini, dalam hal teknis pembuatan SKP, penyusunan Laporan Bulanan dan Penilaian Sasaran Kerja atau Penilaian Prestasi Kinerja (sepengetahuan saya) para ASN menggunakan aplikasi-aplikasi yang saling terpisah satu sama lain. Pembuatan SKP dan Penilaian Sasaran Kerja atau Penilaian Prestasi Kinerja ada dalam sebuah aplikasi dan Laporan Kinerja Harian dan Bulanan ada dalam satu aplikasi yang lain, sehingga untuk menyesuaikan antara  SKP, Laporan Bulanan dan Penilaian Sasaran Kerja atau Penilaian Prestasi Kinerja dibutuhkan waktu ekstra untuk menysusunnya.

Walaupun sebenarnya di tahun 2018 kemaren, beberapa Kementerian telah melaunching Aplikasi Kinerja online yang kayanya arahnya kesana; misalnya Kementerian Agama dengan aplikasi online Si-EKA-nya (http://sieka.kemenag.go.id), namun aplikasi ini belum berjalan optimal, Khususnya bagi daerah-daerah yang tidak terjangkau jaringan internet tentu tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, maka saya sebagai salah seorang ASN Kementerian Agama mencoba "mengembangkan" aplikasi offline sederhana berbasis excel yang saya beri nama : @NIK ASN (Aplikasi Penilaian Kinerja ASN). Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan dari Aplikasi SKP yang sudah familiar bagi para ASN. Aplikasi SKP yang semula hanya menghasilkan output/menu berupa SKP dan Penilaian Sasaran Kerja atau Penilaian Prestasi Kinerja ASN saja, saya kembangkan dengan melakukan beberapa perubahan/penambahan terutama pada Laporan Kinerja Harian dan Bulanan serta melakukan link pada fungsi-fungsi tersebut.

Prinsip kerja aplikasi @NIK ASN adalah sebagai berikut :

Dengan keberadaan aplikasi ini, Saya berharap;  tidak menjadi sebuah aplikasi saingan/tandingan bagi aplikasi-aplikasi yang sudah ada, apalagi menjadi sebuah aplikasi yang wajib yang digunakan oleh seorang ASN tetapi hanya sebuah aplikasi penunjang/penguat dan atau aplikasi alternatif bagi seorang ASN setelah menggunakan atau mencoba menggunakan aplikasi yang telah ditetapkan oleh Instansi/Lembaga/Kementeriannya masing-masing.

Bagi yang berminat mencoba dan menggunakannya silakan klik aplikasinya di bawah ini:
  1. @NIK ASN versi 1 ( DOWNLOAD )
  2. @NIK ASN versi 2.1 ( DOWNLOAD )
  3. @NIK ASN versi 2.2 ( DOWNLOAD )
  4. @NIK ASN versi 2.21 ( DOWNLOAD )
  5. @NIK ASN versi 2.P30 ( DOWNLOAD )

PERHATIAN :
  1. Downloadlah aplikasi @NIK ASN terbaru/versi terakhir;
  2. Jangan lupa mengklik Enable editing, pada saat awal menggunakan aplikasi atau membuka file excel hasil downloadannya;
  3. Lakukan overlapping data/penghapusan data tetapi jangan lakukan delet cell/penghapusan cell.
  4. Jika sudah melakukan penginputan seluruh program kerja/SKP; silakan lakukan filter data terhadap data yang kosong 
  5. Kekurangan tentu dan pasti ada di aplikasi ini, karena itu saran dan masukannya bagi aplikasi tentu sangat diperlukan dalam perbaikan aplikasi ini;
  6. Aplikasi @NIK ASN terbaru hasil perbaikan akan saya upload kembali di versi terakhirnya.




Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih..
    Saya berminat dan telah unduh filenya
    Salam sukses

    ReplyDelete
  3. Perlu penyesuaiannpenilaian perilaku kerja bdsrkan pp30/2019 berubah menjadi 5 kategori dg perubahan kriteria nilai. Ditunggu updatenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih infonya, Silakn dcoba versi 2.P30!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

EXCEL UNTUK LEGER DAN RAPORT

CONTOH SK PENGURUS MASJID